Senin, 10 Mei 2010

Virus pada Nokia Ber-OS Symbian S60 v.1 dan S60 v.2nd

Virus yg menyerang sistem pada ponsel,ibarat virus yg menyerang pada komputer.Virus merupakan aplikasi yg sifatnya merusak,dapat menginstal dan mengembangkan diri ke dalam sistem sehingga mengganggu kinerjanya.Virus dapat menyebar melalui berbagai media,bisa melalui SMS,MMS,dan Bluetooth.

Apabila ponsel bersistem operasi terbuka terkena virus,maka akan timbul berbagai macam gangguan pada kinerja ponsel tersebut.Contohnya,ketika ponsel yg terkena virus "nuir.sis"menerima sebuah SMS,maka ponsel tersebut akan mengirim dua buah pesan multimedia kepada nomor pengirim SMS tadi.Bahkan ada virus yg bisa menyebabkan SMS/MMS kesemua nomor yg ada dikontak.

Ada juga virus yg membuat ponsel mengirimkan virus melalui bluetooth yg sedang aktif disekitarnya.Meskipun bluetoothnya dalam kondisi mati,ponsel tersebut dapat mengirim virus keponsel lain yg sedang aktif.

Yang lebih parah,virus bisa membuat ponsel restart sendiri,bahkan secara berulan-ulang.Akibatnya,ponsel tidak dapat digunakan sama sekali.

Untuk mengatasi serangan virus,salah satu caranya adalah dengan memasang anti virus.Ada beberapa aplikasi anti virus untuk ponsel-ponsel Symbian,contohnya FortiCleanUp.Bisa didownload di www.fortiguardcenter.com.Download dan instal anti virus tersebut,lalu scan.

Selamat mencoba !!

Ryanse_mawung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar